Perbedaan IT-Forensik dengan IT-Audit

IT Forensik

Definisi IT Forensik Ilmu yang berhubungan dengan pengumpulan fakta dan bukti pelanggaran keamanan sistem informasi serta validasinya menurut metode yang digunakan (misalnya metode sebab-akibat); Memerlukan keahlian dibidang IT ( termasuk diantaranya hacking) dan alat bantu (tools) baik hardware maupun software.

Sumber: http://renianggraeniblog.blogspot.com/2010/06/it-forensik.html

IT Audit

Audit pada dasarnya adalah proses sistematis dan objektif dalam memperoleh dan mengevaluasi bukti-bukti tindakan ekonomi, guna memberikan asersi dan menilai seberapa jauh tindakan ekonomi sudah sesuai dengan kriteria berlaku, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak terkait.

Ada beberapa aspek yang diperiksa pada audit sistem teknologi informasi: Audit secara keseluruhan menyangkut efektifitas, efisiensi, availability system, reliability, confidentiality, dan integrity, serta aspek security. Selanjutnya adalah audit atas proses, modifikasi program, audit atas sumber data, dan data file. Audit IT sendiri merupakan gabungan dari berbagai macam ilmu, antara lain: Traditional Audit, Manajemen Sistem Informasi, Sistem Informasi Akuntansi, Ilmu Komputer, dan Behavioral Science.

Sumber: http://www.scribd.com/doc/13263189/Audit-Sistem-Informasi


Perbedaan IT-Forensik dan IT-Audit
Dari beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara IT Forensik dan IT-Audit terletak pada cara pengumpulan dan evaluasi bukti-bukti bagaimana sistem informasi dikembangkan, dioperasikan, diorganisasikan, serta dilaksanakan dalam prakteknya.

You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Perbedaan IT-Forensik dengan IT-Audit"

Posting Komentar

Powered by Blogger