Multicore pada GPU-CUDA

Graphic Processing Unit(GPU) merupakan sebuah alat/hardware, yang berfungsi sebagai render grafis terdedikasi dalam kesatuan sistem hardware PC atau Notebook. GPU bisa berada pada Video Card khusus (VGA Card) atau terintegrasi dalam Motherboard berupa Integrated GPU.

NVIDIA telah mendukung tren ini dengan merilis CUDA (Compute Unified Device Architecture) perpustakaan antarmuka untuk memungkinkan aplikasi pengembang untuk menulis kode yang dapat di-upload ke kartu berbasis NVIDIA untuk eksekusi oleh’s massal paralel GPU NVIDIA. Hal ini memungkinkan aplikasi pengembang untuk plug di kelas-teraflop, 480-prosesor, kartu berbasis NVIDIA dan upload aplikasi untuk dijalankan di dalam GPU NVIDIA pada kecepatan jauh lebih besar daripada yang mungkin bahkan CPU tercepat tujuan umum pada motherboard. Untuk beberapa ratus dolar saja kita bisa menggunakan CUDA untuk mencapai benar, performa superkomputer pada desktop.

CUDA menawarkan kinerja seperti keuntungan luar biasa yang banyak fungsi dalam Manifold telah kembali direkayasa untuk mengeksekusi sebagai proses paralel dalam CUDA jika kartu tersebut tersedia. Jika kita memiliki kartu NVIDIA CUDA-mampu grafis terinstal di sistem kami, Manifold dapat mengambil keuntungan dari kekuatan fenomenal prosesor NVIDIA massal aliran paralel untuk menjalankan banyak tugas dengan kecepatan jauh lebih besar.

Karena manfaat teknologi NVIDIA dari ekonomi skala besar di pasar game, CUDA-enabled kartu telah menjadi sangat murah untuk kinerja yang mereka berikan. Pada saat penulisan ini CUDA-enabled kartu bisa dibeli dengan harga kurang dari $ 100 untuk kartu sebuah entry-level CUDA-mampu dan mudah di bawah $ 350 untuk kartu kinerja tinggi CUDA-mampu. Sangat mudah dan murah untuk memilih kartu dengan keseimbangan antara kinerja dan biaya yang diinginkan (prosesor streaming lebih berjalan pada clock lebih cepat dengan memori lebih memberikan kinerja yang lebih baik).

GPU NVIDIA begitu cepat bahwa komentar rutin dari pengembang adalah bahwa NVIDIA membuat prosesor utama hampir berlebihan, seolah-olah bahkan tercepat multi-core Intel chip diturunkan ke tidak menjadi tetapi prosesor aksesori untuk menangani keyboard dan mouse. Itu bukan hiperbola mengingat bahwa GPU NVIDIA dapat menjalankan pekerjaan 200 atau bahkan 300 kali lebih cepat daripada yang tercepat Intel CPU. Lihat demo di bawah ini untuk contoh.

Keuntungan kecepatan tersebut tidak merupakan tantangan kompetitif yang vendor prosesor tradisional mampu untuk mengabaikan. CUDA adalah yang pertama dari apa yang mungkin menjadi gelombang baru arsitektur massal paralel dari pesaing seperti Intel dan AMD. kode paralel Manifold telah telah tegas ditulis untuk memungkinkan implementasi yang mudah ke depan “banyak-inti” solusi prosesor dari Intel dan AMD yang akan bersaing dengan NVIDIA CUDA.


Sumber: http://www.snps.its.ac.id/data/makalah/Analisa%20Peningkatan%20Performa%20Multi%20GPU%20pada%20Platform%20CUDA.pdf, http://georeference.org/doc/nvidia_cuda.htm

You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Multicore pada GPU-CUDA"

Posting Komentar

Powered by Blogger